Isi Teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia

Advertisement
Advertisement
Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Pada tanggal 6 Agustus 1945 suatu bom atom dijatuhkan diatas kota Hiroshima Jepang oleh Amerika Serikat yang mulai turunkan moral semangat tentara Jepang di semua dunia. Satu hari lalu Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia BPUPKI, atau "Dokuritsu Junbi Cosakai", bertukar nama jadi PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) atau dimaksud juga Dokuritsu Junbi Inkai dalam bhs Jepang, untuk lebih menyatakan kemauan serta maksud meraih kemerdekaan Indonesia. Pada tanggal 9 Agustus 1945, bom atom ke-2 dijatuhkan diatas Nagasaki hingga mengakibatkan Jepang menyerah pada Amerika Serikat serta sekutunya. Peristiwa ini juga digunakan oleh Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaannya.


Soekarno, Hatta sebagai pimpinan PPKI serta Radjiman Wedyodiningrat juga sebagai bekas ketua BPUPKI diterbangkan ke Dalat, 250 km di samping timur laut Saigon, Vietnam untuk bersua Marsekal Terauchi. Mereka diberitakan bahwa pasukan Jepang tengah di ambang kekalahan serta bakal memberi kemerdekaan pada Indonesia. Disamping itu di Indonesia, pada tanggal 10 Agustus 1945, Sutan Syahrir sudah mendengar berita melalui radio bahwa Jepang sudah menyerah pada Sekutu. Beberapa pejuang bawah tanah bersiap-siap memproklamasikan kemerdekaan RI, serta menampik bentuk kemerdekaan yang didapatkan juga sebagai hadiah Jepang.


Teks naskah Proklamasi Klad adalah asli merupakan tulisan tangan sendiri oleh Ir. Soekarno sebagai pencatat, dan adalah merupakan hasil gubahan (karangan) oleh Drs. Mohammad Hatta dan Mr. Raden Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo, yang isinya adalah sebagai berikut :

Teks naskah Proklamasi Klaid Kemerdekaan Indonesia
Teks naskah Proklamasi Klaid Kemerdekaan Indonesia

                                        Proklamasi

    Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
    Hal2 jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan
    dengan tjara seksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja.

                                                        Djakarta, 17 - 8 - '05
                                                        Wakil2 bangsa Indonesia.


Teks naskah Proklamasi yang telah mengalami perubahan, yang dikenal dengan sebutan naskah "Proklamasi Otentik", adalah merupakan hasil ketikan oleh Mohamad Ibnu Sayuti Melik (seorang tokoh pemuda yang ikut andil dalam persiapan Proklamasi), yang isinya adalah sebagai berikut :

Teks naskah Proklamasi otentik Kemerdekaan Indonesia
Teks naskah Proklamasi otentik Kemerdekaan Indonesia

P R O K L A M A S I
Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan
dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.
Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05
Atas nama bangsa Indonesia.
Soekarno/Hatta.

Artikel Terkait